Membaca Ayat renungan harian ALKITAB Katolik Kristen Protestan untuk mengenal ajaran TUHAN ALLAH, menuju jalan yang dijanjikan Yesus dalam 10 Hukum Taurat dan Injil agar selamat dari dajjal anti kristus.

Laman

Selasa, 10 Maret 2015

HUKUM TAURAT KE 5 DALAM ALKITAB PERINTAH BERBUAT BAIK KEPADA IBU BAPAK

Kali ini MEMBACA ALKITAB KRISTEN KATOLIK akan membahas Hukum Taurat ke -5 dalam alkitab. Bagaimana isi ayat Hukum taurat ke5 dalam alkitab menurut katolik dan kristen protestan ? 
MAK akan bahas berdasarkan ajaran nabi pembawanya, biar lebih jelas. Taurat adalah kitab yang diajarkan nabi Musa utusan Allah.

Inilah isi Hukum Taurat ke -5 dalam alkitab yang diajarkan Nabi Musa. 


Keluaran 20:12Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Ulangan 5:16Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Ajaran nabi yesus juga sama dengan ajaran nabi Musa, Karena Allah yang mengutus Musa dan yesus adalah sama, maka tak boleh dikatakan ajaran Yesus menjiplak ajaran Nabi Musa.   Hukum Taurat ke-5  diulang oleh Yesus dalam kitab Injil Perjanjian Baru. Inilah ayat yang diajarkan yesus dalam menyebarkan Injil. Dicatat oleh para pengikutnya.

Matius 15:4Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumudan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.

Matius 19:19hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Markus 7:10Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.

Markus 10:19Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!"

Lukas 18:20Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu."

hukum taurat ke5 alkitab berbuat baik orang tua
anak yang berbakti kepada ayah ibu

Demikian juga agama Islam sebagai  penerus dari Nabi Musa dan Nabi Yesus. Ajarannya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam juga sama mengajarkan hukum taurat ke-5 yaitu berbakti kepada ayah ibu. 

Inilah ayat Al Qur'an yang mengajarkan hukum taurat ke-5:

S U R A T   A L - B A Q A R A H
2:83. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israel (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.

S U R A T   A N - N I S A '
4:36. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

S U R A T   A L - A N ' A A M
6:151. Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan.  Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya).

S U R A T   A L - I S R A '
17:23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.  Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

"Ibumu, Ibumu, Ibumu", barulah kemudian "Ayahmu"
Dalam pandangan Islam, penghormatan terhadap Ibu dilukiskan dalam satu hadist Abu Hurairah RA, yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW menyebut nama 'ibumu' hingga tiga kali ketika menjawab pertanyaan seseorang "kepada siapa aku harus berbakti pertama kali."  Barulah yang ke empat kalinya Nabi menjawab 'ayahmu. (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Bagaimana dengan agama kristen protestan dan katolik buatan orang yahudi Farisi, rasul paulus dari Tarsus ? Apakah sama ajarannya dengan ketiga nabi utusan Allah di atas ?
Yuk kita pelajari ayat-ayat buatan rasul paulus orang Farisi si pendiri agama polytheisme dalam kitab "suci" Perjanjian Baru karangannya sendiri. Kitab Roma, Galatia, Efesus adalah kitab-kitab karangan paulus. kitab karya paulus sama sekali bukan ajaran yesus apalagi Firman Tuhan.

paulus menyatakan mereka yang melakukan hukum taurat berbakti kepada orang tua tidak dibenarkan. cukup percaya agama paulus saja maka iman dibenarkan walau apapun kelakuannya kepada ayah ibu.

Roma 3:28Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukumTaurat.

Paulus mengajarkan bahwa mereka yang teguh berbakti kepada orang tua dalam melaksanakan hukum taurat batal dan sia-sia iman kristennya.
Roma 4:14Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Paulus mengajarkan tak ada kebenaran dalam ajaran Musa dan Yesus tentang Berbakti kepada orang tua dalam Hukum taurat.

Galatia 2:21Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

paulus telah menyatakan kematian Yesus sudah membatalkan perintah dan ketentuan 10 Hukum Taurat termasuk hukum ke-5  yaitu perintah Berbuat baik kepada ayah ibu.

Efesus 2:15sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia (yesus) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Itulah Hukum Taurat ke 5 dalam alkitab yang diajarkan 3 nabi utusan Allah dalam Taurat, Injil dan Al Quran  yang sudah dibatalkan oleh Dajjal bernama paulus si nabi palsu dari kota Tarsus. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar