Membaca Ayat renungan harian ALKITAB Katolik Kristen Protestan untuk mengenal ajaran TUHAN ALLAH, menuju jalan yang dijanjikan Yesus dalam 10 Hukum Taurat dan Injil agar selamat dari dajjal anti kristus.

Laman

Minggu, 21 Desember 2014

ASAL USUL SEJARAH POHON CEMARA NATAL

asal usul fakta sejarah legenda pohon cemara natal 25 desember

  • darimana asal mulanya pohon natal dalam peringatan hari natal 25 desember ?
  • mengapa ada pohon cemara dalam tiap perayaan hari natal ?
  • Apa hubungan pohon cemara dengan natal ?
Banyak jemaat yang tidak mengerti asal mula sejarahnya pohon cemara dalam peringatan hari raya natal 25 Desember.

OK,  MAK bahas sejarah asal usul pohon cemara hari raya natal 25 desember

asal usul fakta sejarah legenda pohon cemara natal 25 desember
ternyata sejarah asal mula pohon cemara digunakan dalam pesta natal tak ada hubungannya dengan kelahiran yesus. Semua berasal dari legenda Nimrod di Babilonia ribuan tahun sebelum yesus lahir dan berbagai dongeng yang diadopsi ke dalam ajaran kristen.
Mitologi babylonia ribuan tahun sebelum yesus dilahirkan, Nimrod mengawali pemurtadan terhadap Tuhan. Kejahatannya amat banyak. Dia mengawini ibu kandungnya sendiri yang bernama Semiramis. Nimrod dibunuh shem karena dia menyerahkan bayi2 kepada dewa Molokh setiap tanggal 25 desember. jasad Nimrod dipotong-potong dan dikirim ke setiap propinsi di tanah Shinar. Semiramis lalu memerintahkan rakyat babilonia untuk mengenang raja Nimrod dengan pergi ke hutan dan menebang pohon sebagai perlambang "dipotongnya tubuh Nimrod seperti batang pohon".
Setelah Nimrod meninggal dunia, Untuk mengenang hari kelahirannya, ibu yang merangkap sebagai istri tersebut menyebarkan ajaran bahwa Roh Nimrod tetap hidup selamanya dalam sebatang pohon, walaupun jasadnya telah mati. Dia membuktikan ajarannya dengan menunjukkan adanya pohon Evergreen yang tumbuh dari sebatang kayu yang mati, yang ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod yang sudah mati. Nimrod selalu hadir di pohon evergreen ini. Dan inilah asal usul pohon Natal.
Kembali ke kisah Nimrod, Melalui pengaruh dan pemujaannya kepada Nimrod, Semiramis dianggap sebagai "Ratu Langit" oleh rakyat Babilonia. Dengan berbagai julukan, akhirnya Nimrod dipuja sebagai "Anak Suci dari Sorga". Melalui evolusi sejarah dan pergantian generasi dari waktu ke waktu, dari satu bangsa ke bangsa lainnya, penyembahan berhala versi Babilonia ini berubah menjadi dewa Baal, anak dewa Matahari. Dalam sistem kepercayaan Babilonia ini, "Ibu dan anak" (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali) menjadi obyek penyembahan. Ajaran penyembahan kepada ibu dan anak ini menyebar luas sampai di luar Babilonia dengan bentuk dan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan bahasa negara-negara yang ditempatinya. Di Mesir dewa-dewi itu bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius. Dalam agama Pagan Roma disebut Fortuna dan Yupiter. Bahkan di Yunani, China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemujaan terhadap dewi Madonna, jauh sebelum Yesus lahir. Ajaran babilonia memuja pohon evergreen ini berkembang pesat dan menyebar ke seluruh jajahan Romawi dengan berbagai versi dan legenda baru.
Pemilihan pohon cemara yang evergreen sebagai simbol pemujaan kekekalan Nimrod.
Dalam iklim 4 musim seperti di Eropa secara umum pohon-pohon mengalami perubahan sesuai dengan iklim yang terjadi, yaitu musim salju , musim semi , musim kemarau , dan musim gugur,  pohon cemara merupakan pohon yang evergreen alias tetap hijau sepanjang tahun.  Maka ditetapkanlah pohon cemara ini sebagai simbol kekekalan.Itulah sebabnya pohon kekekalan Nimrod adalah pohon cemara dan bukan pohon pisang, pohon mangga atau pohon apel.
Adanya pohon natal berupa pohon cemara yang hadir dalam hari raya natal menjadi bagian dari tradisi pagan di Eropa kemudian ditambahi berbagai bumbu dongeng yang mengaburkan asal mula fakta sejarah pemujaan pohon berhala Nimrod.
Abad ke-16, Kebiasaan menghias pohon evergreen untuk merayakan natal dipopulerkan kembali di negara jerman. kisah pertama adalah versi cerita tentang santa bonafisius dan yang kedua adalah versi cerita tentang marthin Luther pendiri agama kristen protestan. Cerita kedua dongeng tersebut membuat adopsi kebudayaan pagan menghias pohon cemara menjadi populer di kalangan kristen. kemudian pohon cemara diadopsi dan dijadikan lambang kekekalan Yesus Kristus.
Dari Jerman, akhirnya menyebar tradisi ini tersebar ke seluruh dunia seolah -olah pohon cemara adalah bagian dari kristen. Adanya pohon cemara sebagai hiasan natal 25 desember , adalah bagian dari tradisi pemujaan Nimrod saja, tidak ada perintah merayakan natal dengan menghias pohon juga tidak ada perintah   memasang pohon cemara dalam alkitab Injil.

itulah sejarah asal usul pohon cemara hari raya natal 25 desember, tak ada hubungannya pohon cemara dengan kelahiran yesus.


1 komentar:

  1. Bagi anda penulis bacaan ini
    Ajaran Tuhan tak ada dengan kaitannya dengan
    pohon pohon natal atau hal hal tak berguna lainnya.Allah mau anda bertobat dan tinggalkan dosa dosa anda itu yang paling penting
    Di hidup ini.
    Sahabat YESUS
    PARLIN

    BalasHapus