Membaca Ayat renungan harian ALKITAB Katolik Kristen Protestan untuk mengenal ajaran TUHAN ALLAH, menuju jalan yang dijanjikan Yesus dalam 10 Hukum Taurat dan Injil agar selamat dari dajjal anti kristus.

Laman

Minggu, 15 Juni 2014

MESIAS ATAU KRISTUS DALAM INJIL ALKITAB

yesus kristus mesiah.adalah nabi juru selamat sang pembebas, bukan berarti tuhan
MAK akan bahas sedikit tentang mesias.
Kata ini "Mesias" ditulis χριστος - khristos dalam bahasa Yunani, dari kata kerja χριω - khriô, "mengurapi". (berasal dari bahasa Ibrani mashiah) . Mesias dalam injil memiliki arti seseorang yang diurapi, atau diminyaki. Seseorang yang sangat diharapkan dapat menjadi Pembebas atau ratu adil bagi bangsa yahudi yang tertindas.

Umat Israel/Yahudi mempunyai keyakinan paralel, yaitu bahwa sebelum Mesias datang, Elia akan datang terlebih dahulu. Namun demikian, Mesias, atau Kristus dalam bahasa Yunani, sama sekali bukanlah seseorang yang memiliki kesetaraan dengan Tuhan. Ia hanyalah seorang tokoh yang sangat diidam-idamkan kedatangannya oleh bangsa Israel yang diharapkan mampu membawa mereka menuju kejayaan. Sebagaimana dapat dibaca dalam Perjanjian Lama, umat Israel telah memiliki beberapa orang Mesias, seperti: Mesias Daud (Mazmur 2:2), Mesias Koresh (Yesaya 45:1), Mesias Saul (1 Samuel 10:1), Mesias Harun (Imamat 8:12), Mesias Elisa (1 Raja-raja 19:16), dan Mesias Salomo (1 Raja-raja 1:39). Dengan demikian, konsep Mesias dalam pandangan umat Israel/Yahudi sama sekali tidak ada hubungannya dengan derajat ketuhanan.

Jadi walaupun yesus disebut sebagai mesias oleh yohanes, bukan berarti yesus adalah tuhan. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar