Membaca Ayat renungan harian ALKITAB Katolik Kristen Protestan untuk mengenal ajaran TUHAN ALLAH, menuju jalan yang dijanjikan Yesus dalam 10 Hukum Taurat dan Injil agar selamat dari dajjal anti kristus.

Laman

Senin, 22 Desember 2014

PERBEDAAN UTAMA AGAMA KATOLIK DAN PROTESTAN

PERBEDAAN UTAMA AGAMA KATOLIK DAN PROTESTAN

Mungkin masih ada yang belum tahu Perbedaan Utama Agama Kristen Protestan dan Katolik. kali ini MAK akan membahas BEDA AGAMA KATOLIK DAN PROTESTAN. Inilah perbedaan keduanya :

perbedaan agama katolik kristen protestan
1. Kepausan
Perbedaan mendasar Katolik dan Protestan yang pertama adalah, umat Katolik memiliki Paus, pemimpin tertinggi yang bertahta di Vatikan, Roma. Yang dianggap sebagai Paus pertama adalah St. Petrus, salah satu dari 12 murid Yesus, walaupun semasa hidupnya Petrus tak pernah mendirikan agama, apalagi bernama agama katolik. Sebenarnya Paus pertama agama katolik bukanlah Petrus. Ajaran Petrus adalah monotheisme sama dengan ajaran Yesus, sedangkan agama katolik adalah agama polytheisme warisan dari lembaga keagamaan Romawi yang sudah eksis.
Sementara Kristen Protestan tidak mengakui/memiliki pemimpin tertinggi. Hal ini sekaligus memicu perpecahan dan kemunculan Kristen Protestan pada Abad Pertengahan.

Saat Paus Leo X ingin membangun gereja termegah sedunia, Basilika St. Petrus di Vatikan, ia mencari dana pembangunan gereja dengan menjual surat Pengakuan Dosa, dengan menjual surat pengakuan dosa.
Penjualan Surat pengakuan Dosa ini diprotes oleh Pendeta Martin Luther yang memutuskan memisahkan diri. Mereka yang menjadi pengikut Martin Luther disebut Protestan.


perbedaan agama katolik kristen protestan


kitab suci menurut katolik

2. Deutro-Kanonika
Ada perbedaan alkitab suci katolik dan kristen protestan.
Kitab suci umat Kristen disebut Bible. Namun Bible menurut Katolik lebih tebal, karena ada tambahan kitab yang dinamakan Deutero-Kanonika.
Kitab-kitab tersebut tidak diakui kebenarannya oleh umat kristen Protestan atas doktrin Purgatory, wilayah di antara surga dan neraka, atau disebut Api Penyucian.

3. Denominasi gereja
Dalam tradisi Katolik, orang awam dilarang menafsirkan kitab suci selain Magisterium, yaitu para ahli agama yang berpusat di Roma. Umat Katolik di seluruh dunia tinggal mengikuti penafsiran Magisterium. Sedangkan ajaran Protestan membolehkannya.
Dua kebijakan berbeda ini berdampak besar. Umat Katolik di seluruh dunia timggal imani saja karena memiliki satu pendapat yang sama tentang kitab suci.
Sedangkan agama protestan membolehkan penafsiran di luar gereja,sehingga terbagi-bagi menjadi beberapa aliran dan denominasi.
Sebut saja GPIB, Pantekosta, Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Batak (HKBP), Adven, dst. Jika umat Katolik bisa datang ke gereja manapun di seluruh dunia, maka berbeda dengan umat Protestan yang tidak mau beribadah jika bukan ke gereja yang sama sekte atau denominasinya.
beda agama katolik kristen protestan

pendeta kristen protestan

4. Hirarki gereja
Dalam agama Katolik, terdapat hirarki pemuka agama. Dari romo/pastur, uskup, kardinal, dan paus. Ada hirarki dalam gereja katolik, yaitu kapel (gereja kecil), gereja paroki (tempat pastur), katedral (tempat uskup/kardinal), dan basilika (tempat paus).
protestan tak memiliki hirarki pemuka agama.

5. Orang Yang Dianggap Kudus (Saint)
Nama-nama orang yang dianggap Kudus biasanya digunakan sebagai nama gereja Katolik (mis: Gereja Santa Maria dan Gereja Santo Petrus).
Untuk nama baptis, katolik biasanya diakhiri -us: Petrus, Paulus, Fransiskus.
Sedangkan umat Protestan nama baptis menggunakan nama-nama nabi: Abraham, Samuel, Daniel.

6. Sakramen
Sakramen ialah bentuk upacara suci yang wajib dilakukan umat Kristiani sepanjang hidupnya. Gereja Katolik mengakui 7 sakramen, yaitu Baptis (masuk Kristen), Krisma (diberikan saat menginjak remaja), Ekaristi (yang biasa dilakukan di gereja setiap hari Minggu), Imamat (pentahbisan menjadi pastor), pernikahan, pengakuan dosa, dan pengurapan (diberikan saat sakit parah dan hampir meninggal).
Untuk gereja Protestan, hanya mengakui 2 sakramen, yaitu Baptis dan Ekaristi. Sakramen Ekaristi dalam ajaran Protestan tidak dilakukan tiap hari Minggu, cukup pada perayaan hari-hari besar saja.


beda jemaat katolik dan kristen protestan

biarawati katolik

7. Kerahiban / Biarawan
Dalam ajaran agama Katolik, hanya laki-laki yang boleh menjadi pastur. Sedangkan dalam Protestan, baik laki-laki maupun perempuan, diberikan hak yang sama menjadi pendeta, meskipun kita lebih sering melihat pendeta laki-laki.
Dalam Katolik, wanita yang ingin beribadah penuh seumur hidupnya bagi Tuhan dapat menjadi suster/biarawati. Syarat menjadi suster sama dengan syarat menjadi pastur, yaitu tidak boleh menikah. Seorang suster harus menutup auratnya dan memakai kerudung.
Tak ada kerahiban dalam ajaran agama kristen protestan

imam agama katolik nyembah patung berhala
pemimpin katolik berdoa ke berhala maria


beda agama katolik protestan
umat katolik berdoa ke santo / santa

8. Pengultusan Bu Maria dan para Santo/santa (Orang yang dianggap Kudus)
Umat Katolik sangat mengkultuskan Bu Maria, ibunya Yesus dan para Santo. Kedudukan mereka sangat dikultuskan.
Dalam ajaran Katolik ada rosario, semacam tasbih dengan liontin salib, dan berziarah ke Goa Maria. Sementara umat Protestan menolak pengultusan terhadap Maria dan Santo.
Gereja Katolik dihiasi patung-patung Yesus, Bunda Maria, santo/santa, hingga patung malaikat, sebagai pelestarian agama pagan Romawi. (harap diingat, pendiri agama katolik bukanlah Petrus murid yesus, nama Petrus hanya dicatut. Lembaga keagamaan Romawi pagan sudah ada dan inilah yang jadi cikal bakal agama katolik).
Sedangkan umat Protestan mengharamkan penggunaan patung karena dianggap berhala. Hanya ada patung berbentuk salib biasa, tanpa tubuh Yesus.

9. Perkawinan
Pemuka agama Katolik dari pastur hingga paus tidak boleh menikah, harus membujang seumur hidup (selibat) agar umat katolik tahu mereka konsentrasi penuh terhadap ajaran. Tapi ini hanya teori, buktinya tak ada pastur hingga Paus yang dikebiri. :D
Dalam agama Protestan, pendeta diperbolehkan menikah.
Dalam agama Katolik, umat hanya boleh terjadi sekali seumur hidup, kecuali jika ditinggal mati pasangannya. Sementara dalam ajaran Protestan dibolehkan bercerai.

beda agama katolik protestan
misa katolik

10. Peribadatan
Peribadatan Katolik disebut misa, sementara agama Protestan disebut kebaktian. Kedua agama ini beda dalam hal isi maupun tata cara pelaksanaannya, kendati sama-sama dilaksanakan pada hari Minggu.
Umat Katolik berdoa membuat tanda salib dengan telunjuk kanan menyentuh dahi, dada, bahu kiri, bahu kanan, secara urut. Sementara umat Protestan hanya berdoa biasa.
Itulah Perbedaan Mendasar Agama Katolik dan Protestan

Kedua agama tersebut di atas adalah buatan manusia. bandingkanlah dengan ajaran agama yang diajarkan Yesus. 180 derajat perbedaannya.

69 komentar:

  1. Perbedaan lainnya jika boleh disebutkan yaitu tentang arti dr 2 nama sekte kristen tsb, al: 1).Protestan adlh kepanjangan dr: a. Protes+Stan: artinya sekte kristen Arena Protes (Stan: arena) b.Protestana+Mentum (janji yg dipegang) c.Protese+Stan: artinya sekte kristen yg pemuka agamanya dan umatnya telah menjalani operasi protesa kelamin sehingga boleh kawin cerai lewat gereja. 2).Katolik kepanjangan dr Katalog Rex Kristus artinya sekte kriten kumpulan catatan sang raja kristu. Tentang nama agama kristen pd zaman Yesus masih hidup sepanjang yg kami ketahui tdk ada informasi nama agama kristennya yesus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus datang ke dunia tidak mengajarkan suatu agama, tetapi mengajar dan memberi teladan cinta kasih. Agama Kristen lahir setelah Yesus kembali ke surga. orang lain menganggap murid-murid Kristus menganggapnya Kristen, dan sejak itulah semua yang percaya dan mengakui Kristus disebut/dianggat sebagai orang Kristen. Selanjutnya dalam perkembangannya ajaran/teladan kasih Kristus disebut dengan agama dan terus, dan terus dalam perkembangannya disebutlah sebagai agama Kristen. Kristus datang ke dunia seturut kehendak Allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa dengan kata lain yang menebus dosa manusia.

      Hapus
  2. stupid writer ever
    ahmad baikuni : dalam Kristen Protestan tdk boleh kawin cerai, kalo diagama seberang biasanya yg boleh kan:) hampir smua org tau hal itu;) dont be stupid, God bless you all:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..maaf Utk mbak pingkan_anda juga salah tafsir/baca..diagama kami yang namanya cerai itu dibenci ALLOH, haram hukumnya...

      Hapus
    2. Broter. Didalam islam memang dibenarkan untuk melakukan perceraian " perceraian merupakan pekerjaan halal yang sangat dibenci oleh ALLAH SWT " prinsipnya perceraian merupakan "emergency exit" seperti jika terjadi kebakaran properti anda dibenarkan menyelamatkan diri melalui pintu emrgency tsb, jangan bertahan jika keadaan rumah tangga tidak lagi harmonis dan dapat menimbulkan keadaan yg tidak diingini (banyak kan suami bunuh isteri atau sebaliknya ) jika dikawatirkan rumah tangga tsb tidak lagi dapat dipertahankan keutuhan perceraian merupakan solusi terakhir. Bagaimana dengan kristen ???. Istilah perceraian memang tidak ada, bagaimana solusinya jika terjadi kedaan darurat tsb ??? maka atas seizin vatikan dibuatlah " PERKAWINAN TSB BATAL DARI AWAL " Ini jika dikembalikan ke ilmu pengetahuan sangat menyesatkan bagaimana dengan status anak yang sudah dilahirkan ?? bagaimana dengan selama mereka menikah yang telah melakukan hubungan suami isteri. apa ini dianggap ZINA ????. bagaimana dengan status anak apa menjadi anak tidak sah. ingat tidak ada yang namanya bekas anak, bekas isteri ya. jika kita kembalikan ke hukum modern ternyata Al-Quran sangat sesuai dengan tuntutan zaman. Sang Khalik yang menurunkan kitab suci tsb tidak mungkin terjadi kontradiksi dengan ilmu pengetahuan.
      Brother bagaimana jika debat yang lebih elegan tentang kitab suci Al-Quran VS Injil, tentu saja kita hanya mengacu kepada kedua alkitab tsb.

      salam

      Hapus
    3. Dalam agama Kristen Protestan tidak boleh kawin cerai, nyatanya banyak penganut Kristen yang cari pelacur, kawin sesama jenis.

      Hapus
    4. Berarti Qur'an lbh aspiratif, krn membolehkan cerai tp dg persyaratan. Daripada manusia dikunci jangan bercerai sama sekali. Kami keluarga muslim, boleh poligami, tapi kami tidak berpoligami. Kami boleh bercerai dengan syarat, tapi kami tidak pernah bercerai karena keluarga rukun.

      Hapus
  3. sembarang buat tulisan. kalo tidak mengerti jangan di buat seperti orang bodoh. di kristen tidak pernah diperbolehkan kawin cerai, kalo di sebrang boleh di karenakan berbagai faktor salah satunya ekonomi.kamu ingin belajar kristen, belajarlah dari hati kamu bukan dengan kebencian

    BalasHapus
  4. ioanesgreek14@INILAH jawabannya
    mengapa gereja katolik memelihara patung dan sejarah gereja katolik

    http://membaca-alkitab-kristen-katolik.blogspot.com/2015/05/mengapa-banyak-patung-berhala-di-gereja-katolik.html

    BalasHapus
  5. saya menghormati dan menghargai semua agama, yg penting mereka ibadah pd Tuhan. think smart, semua udah dewasa kan tau baik buruknya. kalo mau buat blog gini jgn asal bikin, yg komen jg jangan asal jugde agama lain

    BalasHapus
  6. Waduh gawat nih banyak tulisan pembuat blog ini yang menurut saya salah dan terang harus segera dikoreksi.

    (1) Pembedaan denominasi dalam gereja protestan bukan karena penafsiran yang berbeda, karena buat preferensi saya pribadi, siapapun orang yang membaca Firman Tuhan terlepas mereka dari gereja yang sama atau berbeda, tidak menutup kemungkinan membuahkan penafsiran yang bermacam-macam. Jangan dibalik, gereja bukan lahir dari penafsiran Alkitab yang bermacam-macam, melainkan tradisi liturgi gerejawi yang digunakan, maupun gereja berbasis kesukuan (yang mana di Indonesia ini lingkungan kita sangat heterogen terdiri dari berbagai macam suku :)) yang pasti jelas lebih acceptable di wilayah tertentu karena diharapkan bahasa pengantar yang digunakan selama ibadah adalah bahasa di daerah terkait.

    (2) TIDAK ADA, atau sejauh ini memang yang saya ketahui, tidak ada gereja manapun, yang olehnya kedua pasangan diberkati dalam ikatan pernikahan kudus yang diberkati dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus yang melegalkan dan membolehkan dengan mudahnya pasangan manapun untuk bercerai.
    Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia :((

    (3) Katolik agama Politheisme? Think again!

    Buat admin yang memposting tulisan ini, bacalah dulu Alkitabmu, telaah kembali, tanyakan dan berdiskusilah dengan para jemaat/umat, semoga tidak ada perpecahan di antara kita. Buat saya, kamu Katolik atau Protestanpun kita sama saja. Neither rites nor churches can save you. Tuhanlah yang menyelamatkanmu. Tuhanlah yang layak dipermuliakan dalam kehidupan kita, bukan ritus terlebih ibadahmu :))

    Salam Damai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brother Dantie. jadi dari kedua agama kristen protestan dan katolik. masing pemimpinnya mengklaim kebenarannya . Katolik menyatakan yang mengurangi Alktab adalah sesat tentu saja neraka tempatnya, sebaliknya Protestan mengatakan yang dibuang adalah kitab palsu. Yang benar yang mana Protestan atau Katolik ???

      Hapus
    2. Maaf ya, agar diketahui bahwa, Katolik bukan politheisme, tetapi monotheisme. Kalau tidak memahami kemonotheismenya Katolik mohon tidak berkomentar. Biarlah masing-masing agama dan Kepercayaan melaksanakan ajaran dan teladan agama dan kepercayaan masing-masing tanpa harus ada yang mengusiknya. Mari kita menghargai dan menghormatia sesama manusia ciptaan Allah bukan karena suku, agama, rasa, dan antar golongan demi kedamaian dan perdamaian dunia.

      Hapus
    3. Brow dante...
      Sy ga setuju anda mengatakan katolik n protestan itu sama saja. Ya gaklah. Berbeda mas??? Dan supaya tahu perbedaanx tu baca banyak ya baru berkomentar spy gak keliru lagi. Makasih.

      Hapus
  7. Mat 7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali dan muncul Paulus sebagai NABI PALSU dimaksud. Dia mengubah ajaran Yesus. Dan penganut Kristen lebih mengikuti ajaran Paulus ketimbang ajaran Yesus. Sedangkan Nabi Muhammad saw justru dinubuatkan oleh Yesus sendiri

      Hapus
  8. Website ini sesat saudara, hati-hati.

    BalasHapus
  9. Hahaha...penafsiran hasil dari membaca yang sifatnya pribadi , tidak bisa dijadikan dasar kebenaran yang sifatnya universal.....pembuat blok , kalau anda menganggap ini kebenaran menurut pribadimu ya silahkan , tetapi jangan diumumkan bahwa seolah-olah itulah kebenaran, misal : orang Katolik menyembah patung, benarkah orang katolik menyembah patung, coba tanyakan..!! benarkah orang tersebut menjawab : saya menyembah patung , saya pastikan orang tersebut tidak menjawab demikian.!!! Banyak hal yang bisa diperbantahkan dalam masing-masing agama, tapi untuk apa diperbantahkan..? Allah adalah satu yang esa . Tetapi masalah bagaimana menghayati dan bagaimana cara menghormati dan menyembahNya , biarlah masing-masing agama melakukan sesuai dengan wahyu yang disampaikan dalam kitab suci masing-masing.Marilah kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain dalam kasih Tuhan.

    BalasHapus
  10. Sepertinya yg buat tulisan ini bukan pengikut kristus. Dan krng tau sejarah agama besar di dunia. Kalo tidak tau ttg Katolik, tak usah dibahas. Dan perlu diketahui, Katolik tidak menyembah Patung. Tapi menghargai Bunda Maria sebagai Ibu Yesus di dunia. Secara duniawi jg, kita harus menghargai Ibunya pemimpin...

    BalasHapus
  11. Hello Friend,jika Anda ingin mempelajari teladan Kristus belajarlah di Katholik,karena agama Katholik mengajarkan cinta kasih dan kesederhanaan.Lihat saja Bapak Suci Paus dapat melakukan pembelaan terhadap umat Islam ketika terjadi konflik timur tengah

    Dalam ajaran Katholik tidak perna menjelekan atau mengkritisi ajaran agama lain,bahkan yang saya kagum di salah satu gereja Katholik ikut menyumbangkan kambing pada saat perayaan Idhul Adha.

    Kalian bisa melihat sendiri kan,bahwa Kristen Kharismatik hanya mengajarkan kepada kuasa dan penyembuhan secara instan,tanpa mengajarkan cinta kasih kepada umatNYa.

    Mereka hanya menitik beratkan pengajarannya kepada Mujizat dan Berkat saja,sehingga banyak umat Katholik ataupun agama lainnya tergiring oleh penyembuhan sesaat

    Hati2 friend di era masa kini banyak nabi palsu yang tujuan mereka menyesatkan kita,dan mereka hanya berfokus kepada kekuasaan diri dan publikasi gerejanya saja.

    BalasHapus
  12. Bapak Paulus, pasti bapak Muslim ya ? karena bapak tau kalau "Allah adalah satu yang Esa". Masalahnya pak, ada umat lain yang bilang kalau Allah itu Tiga (Trinitas ato Tri In Wan gitu ya? Pokoknya Tiga Dalam Satu atau Satu Dalam Tiga gtu lah). Bikin bingung pak. Mudah- mudahan pak Paulus bisa teguh bawa pendirian bahwa Allah itu Esa, ga mungkin beranak n diperanakkan. Amin.

    BalasHapus
  13. Dasar manusia-manusia gwoblok...!
    Sesama hamba ber Tuhan Esa... saling debat bahkan saling mencaci.
    Lihatlah Komunisme yg jelas tak bertuhan aja bisa rukun dan saling menghormati.

    BalasHapus
  14. Coba baca The Five Gospels sebagai pencerahan kebenaran bible yang skrg

    BalasHapus
  15. umat khatolik atau umat Protestan, ataukah umat muslim.. semuanya sama aja..agama cma di ktp doang..perlakuan baik global ada.omong besar aja...

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Bukan agamanya yang salah tapi kita sebagai manusia nya yg kadang salah menafsirkan firman Tuhan...semua agama mengajarkan yang baik bro...jangan cari2 perbedaannya justru membuat kita tidak lebih baik...bukan itu yang di mau Tuhan kita

    BalasHapus
  18. Iman dalam Yesus Kristus serta melakukannya itu yang membuat kamu selamat. Orang yang mengikut dan mengimani Yesus sebagai Juruslamat di namakan Kristen. AjaranNya terdapat dalam Alkitab, sebuah buku yang teramat baik dari segala penjuru bumi ini untuk di baca dan di pahami tetapi dalam kerendahan hati kamu berdoa minta pimpinanNya maka kamu akan di rangkulNya. Buku yang sangat logika, keajaiban, cinta kasih dan karya penyelamatan. Hanya Yesus yang dapat menyelamatkan kita semua, jadi jangan sampai terlambat ya teman. Kita sudah di akhir zaman, banyak penyesat dan nabi palsu di dunia ini, mengaku bahwa dia adalah utusan Tuhan bahkan Tuhan itu sendiri. Ayo teman, kita ikut Yesus itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh jadi iman yang buat selamat.. mba natali udah baca kitab2 yang lain emang selain alkitab? Ko bisa bilang alkitab sebuah bukubyg teramat baik dari segala penjuru bumi dan blablabla.. udah baca kitab weda?tripitaka?quran? Dll.. segitu yakinya alkitab yg paling baik? Memang udah dibaca kitab2 yg lainya?

      Hapus
    2. Natalia@ Alkitab itu adalah wahyu dari Tuhan.. perkataan Tuhan yg disampaikan kepada rasulnya disebut Firman Tuhan. Maka Tuhan harus berkata benar dan jujur/tidak simpangsiur (tp nyatanya bnyk trdapat antara ayat yg satu dgn yg lain dlm satu alkitab saling bertentangan, ayat yg satu bicara A tp yg satu membantah mnjadi B) mungkin tuhan sedang ngantuk akhirnya ngaco pikirannya. Firman tuhan harus sopan dan santun ( kidung agung bnyk menceritakan kesensualan wanita,hewan dan cerita sex secara fulgar ( apa pantas Tuhan disebut sedang berahi?? Jadi gini aja ito... terlalu pede ente mengkultuskan kebenaran isi alkitab yg mungkin sangat jarang ente membuka dan membaca nya sampe2 ente ga pahan paulus telah merusak ajaran Yesus yg sebenarnya. Salam dr pengikut Isa/Yesus yg setia

      Hapus
  19. Mat 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.. 19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, saya sangat mengimani yesus (Isa As) sebagai nabi yg menjadi penyelamat diri saya melalui ajaran yg Ia berikan. Berarti Insya Allah jika saya mengikuti ajarannya saya akan selamat, Alhamdulillah

    BalasHapus
  21. Seluruh Nabi termasuk Nabi Isa sebenarnya mengajarkan bahwa tiada Tuhan selain Allah.. Jika memang beriman yaw sembahlah Allah.. Jangan mengada ngada tentang bentuk Tuhan atau sesuatu yang akal manusia tidak dapat memahaminya..

    BalasHapus
  22. Seluruh Nabi termasuk Nabi Isa AS menyerukan tiada Tuhan selain Allah.. Buat yang bisa mikir aja.. Dan ga usah mengada ngada tentang bentuk Tuhan, bayangkan ja dia membuat sluruh langit dan bumi_ surga dan neraka brarti Allah Maha Besar

    BalasHapus
  23. selamat hari natal 2015 dan tahun baru 2016. hari ulang tahun Yesus, happy brithday Yesus. saya propestan, hri ini senang sekali.. bagiku kita (islam, katolik maupun propestan) ini bersodara, Tuhan kita sama; gusti Allah, Allah Bapa, Bapa yg di Surga yg maha penyembuh, maha pengampun, maha pencipta dan maha kuasa dll adalah TUHAN. GOD BLLES YOU ALL..!!

    BalasHapus
  24. Kalau kata zakir naik, tidak ada satu ayatpun dalam bible dimana yesus as sendiri berkata : akulah Tuhan dan sembahlah aku. Mungkin zakir naik salah, tp sejauh ini belum ada satu org kristen yg bs menunjukkan ayat bible dimana yesus as sendiri berkata dia tuhan dan meminta disembah. Lalu di bible ada ayat yg melarang memakan babi dan meminum anggur. Lalu kenapa org kristen memakan babi? Kalau pun ada ayat selanjutnya dlm bible yg memperbolehkan, akan jd pertanyaan kenapa ayat dlm kitab suci bible saling bertentangan. Tidak kah org kristen berpikir atau bertanya tanya? Memang keimanan adalah sesuatu yg diyakini dengan hati, tp setidaknya iman dibarengi dengan akal sehat dan pemikiran yg logis. Tuhan maha kuasa, mudah baginya untuk membuat memusnahkan sesuatu, mengampuni dosa, dan lain sebagainya. Apa masuk akal Tuhan memperlihatkan dirinya di salib setengah telanjang hanya untuk menebus dosa? Bukankah mudah baginya mengampuni dosa hambanya tanpa perlu berbuat seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang pintar tdk pernah mengaku dirinya pitar, bgitu jga dgn Yesus.
      Rupanya anda tahu banyak soal Kristen.. cieeee penasaran..
      Soal menyembah. Kalo yesus menyuruh org2 menyembah dia, berarti dia sombong namanya..
      Maaf sy bukan org yg pintar soal agama, sy cuma sarankan anda kalo anda pengen tau kenapa umat kristiani mengTuhankan Yesus Kristus Silahkan anda baca alkitab, didalam alkitab ada 32 ribu lebih ayat. Mungkin dr situ anda bisa mengambil jawaban atas kepenasaran anda.

      Hapus
    2. Lucu fian piling ini kalo yesus beneran Tuhan knapa harus takut sm sombong... sombong itu sifat manusia bukan sifat Tuhan hahaha

      Hapus
    3. fian bukan yesus tidak mau sombong, tidak mungkin juga kan tuhan menyembunyikan sesuatu kepada umatnya, yg jelas yesus itu hanyalah nabi yg di beri wahyu oleh allah, terimakasih

      Hapus
  25. Maafff cuma mau tanya yesus di di sunat gak anu nya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus jelas disunat. Semua nabi disunat. Ga percaya....tanya sndr gih atu2. Bahlol lu..

      Hapus
  26. Kalo ada rumah tangga yang suami bunuh istri ato sebaliknya dan pertengkaran bertahun tahun maka yang pasti dalam rumah tangga tsb tidak ada yang Menjadi pelaku Firman Tuhan. Mereka hanya pengaggum Firman Tuhan. Jadi kristen tidak bisa bercerita. Untuk teman2 yg membaca saya himbau untuk Menjadi pelaku Firman Tuhan amin

    BalasHapus
  27. Kalau mau kebenaran tonton Dr zakir naik di youtube.dia telah mempelajari kitab suci seluruh agama.

    BalasHapus
  28. punya iman kepercayaan dan agama itu bukan untuk saling menyalahkn...hanya Tuhan yg tahu... gitu aj kok repot... hehe... baru tahu sedikit aja ngomongnya sdh bnyk... ckckck...hidup aj baik baik dgn agama masing2 itu yg paling penting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hanya hidup baik-baik, tp menyekutukan Tuhan apa bisa dikatakan baik ? apa bisa selamat ?

      Hapus
  29. Guys...Smua agama itu punya tuhan...Dan smua agama bilang tuhan itu satu...So...Kita sama2 punya tuhan satu..Buat apa di perdebatin...Yg penting keyakinan kitalah yg kita jalani...Kita sama2 menyembah tuhan...Kita smua menganggap agama kita paling baik...Maka baiklah kalian pada sesama...Saya muslim, tp sodara saya ada yg kristen,dan ada yg katholik...Tp kami tetep satu keluarga yg solit...Agama bagi kami adalah satu keyakinan...Bukan perbedaan...Apa lagi perdebatan...Kita smua saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown
      egois sekali anda ini. mau selamat sendiri.
      gak peduli dg sodaramu yg meluncur menuju jurang penuh api. apa ga kasian nanti di hari pembalasan saudara2mu masuk neraka ?

      Hapus
  30. Ayat Bibel yang diyakini sebagai mukjizat iman adalah Injil



    Markus 16:17-18: “And these signs shall follow them that believe… They shall take up serpents; and if they drink any deadly thing, it shall not hurt them” (King James Version)



     “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya, ....mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka” (Alkitab Terjemahan Baru).



    “Sebagai bukti bahwa mereka percaya, ....kalau mereka memegang ular atau minum racun, mereka tidak akan mendapat celaka” (Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari).



    Menurut ayat Injil tersebut, Yesus Kristus menggaransi orang Kristen yang beriman, dengan kepastian memiliki beberapa bukti mukjizat, antara lain: tidak akan celaka bila memegang ular berbisa yang mematikan dan tidak akan celaka bila meminum racun yang mematikan.

    Anda merasa pengikut setia? Sudah menjalankan apa yg di tulis di atas?

    BalasHapus
  31. Ayat Bibel yang diyakini sebagai mukjizat iman adalah Injil



    Markus 16:17-18: “And these signs shall follow them that believe… They shall take up serpents; and if they drink any deadly thing, it shall not hurt them” (King James Version)



     “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya, ....mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka” (Alkitab Terjemahan Baru).



    “Sebagai bukti bahwa mereka percaya, ....kalau mereka memegang ular atau minum racun, mereka tidak akan mendapat celaka” (Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari).



    Menurut ayat Injil tersebut, Yesus Kristus menggaransi orang Kristen yang beriman, dengan kepastian memiliki beberapa bukti mukjizat, antara lain: tidak akan celaka bila memegang ular berbisa yang mematikan dan tidak akan celaka bila meminum racun yang mematikan.

    Anda merasa pengikut setia? Sudah menjalankan apa yg di tulis di atas?

    BalasHapus
  32. Masa masalah gereja aja dipermasalahin? Dan bisa pecah jd 2 kan bisa aja ya, bergabung jd 1 lagi nyembah yesus .. Bukannya agama mu mengajarkan perdamaian ? Lalu kenapa pecah jd 2 ? Mohon penjelasan

    BalasHapus
  33. Intinya kita percaya dan berbuat kebaikan antar sesama, thks...

    BalasHapus
  34. lakum dinukum waliyadin kaya kuwe bae lik.... damai kabeh... yen goleti kelamahan dan kelebihan ora bakal ketemu lik...salam damai

    BalasHapus
  35. Agama adalah keyakinan dari diri sendiri, jangan berpikir jika kita hidup di keluarga kristen agama kita kristen, begitu pula dengan yang islam. Pesan saya buat agan semua, carilah agama yg paling anda anggap benar, agama yg benar benar akan menuntun anda ke surga.. agama orang tua anda belum tentu benar, apabila anda sudag dewasa anda harus bisa nentuin sendiri agama kalian.. semoga Alloh memberikan hidayah kpd kita semua.. لكم د ينكم ولي دين

    BalasHapus
  36. saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah dan nabi muhammad saw utusan allah :-) , i love islam !!

    BalasHapus
  37. saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah dan nabi muhammad saw utusan allah (y) , i love islam :-*

    BalasHapus
  38. i love islam :-* , saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah swt dan nabi muhammad saw utusan allah :-) .

    BalasHapus
  39. Asyhaduala ila hailallah wa asyhaduanna muhammadurasulullah..

    BalasHapus
  40. *HATI2 INI PEMBUAT BLOG "SESAT"

    Kalo ada yang tau cara menghapusnya buru2 di hapus.

    *BELUM WARAS KOK BIKIN BLOG. BALIK LAGI KE GROGOL (R.S . JIWA.) KALO UDAH SEMBUH BARU NULIS BLOG.*.

    BalasHapus
  41. Hay bro/sis ingat lah suatu saat nanti nabi Isa as akan datang kedunia yaitu pada saat hari kiamat akan tiba, beliau akan memberitau semua umatnya bahwa ada lembar injil yang disobek, beliau jg yg akan memberitaukan ke kekalian semua bahwa, Yesus/Nabi Isa as tdk untuk disembah, yg benar disembah adalah Allah SWT. Beliau jg yg akan menyelamatkan kita dr Dajal. Jika kalian ingin tau kalian bisa belajar dr kitab suci Al-qur'an, kitab suci Al-qur'an dr jaman dahulu kala sampai jaman skrg tdk pernah ada penambahan atau pengurangan.

    BalasHapus
  42. Allah Swt adalah Tuhan yg sesungguhnya,, yg lain Tuhan palsu,, kebanyakan misionaris kristen menggunakan jin buat menghancurlan aqidah umat islam,, dan itu emank nyata,,

    BalasHapus
  43. Saya nyesal lahir sebagai org kristen

    BalasHapus
  44. Wah seru ya jadi sebuah perdebatan tulisan..

    Oke teman teman kita buktikan saja di akhirat nanti agama mana yg benar yg menuntun kita ke surga.. Atau yg ke neraka .. Hehe daripada di permasalahkan jdi rame tungguin aja kiamat datang

    BalasHapus
  45. Saya adalah muslim keturunan dan sebelumnya adalah muslim ktp. Awalnya saya pun sama menganggap agama itu sama, mengajar kebaikan, damai, dan kasih sayang. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, terutama ketika ajakan menikah dari mantan pacar saya yang kristen protestan datang, saya mulai berfikir. Allah, yesus, roh kudus, yang katanya adalah satu. Hal paling mendasar yang sangat tidak bisa diterima oleh akal pikiran saya. Saya berusaha meyakini, tapi karena saya MANUSIA YANG BERFIKIR, saya ga bisa menerima ajaran itu. (Yang benar2 dipakai akalnya pasti paham)..
    Lalu, bagaimana saya bisa meyakini, megimani sesuatu yang tidak bisa diterima oleh akal dan bahkan hati nurani saya. Bagaimana bisa Allah Tuhan PENCIPTA turun ke bumi, menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa hambanya, kemudian mati (naik ke sorga) dlm bentuk roh kudus (manusia jg punya roh) lalu duduk di singgasana sebelah kanan Allah.. (Markus 16:19) lohh katanya Yesus itu Allah, kok duduk samping Allah..
    Duhhhh malah pusing.. saya pun banyak baca referensi termasuk baca alkitab mantan pacar saya sebelum saya menikah dg nya.. saya diskusi dengan ahli Quran.. saya juga diskusi dengan mantan saya yg kebanyakan dia diam, mengalihkan pembicaraan, ketika dia tdk bs jawab pertanyaan2 saya.
    Akhirnya saya memutuskan tdk jadi menikah, dan anda tauuuuu dia membawa2 kata cinta dan tetek bengeknya supaya saya bisa menikah scr kristen, dibaptis. Dia jg bawa alasan gamau menimkah scr islam krn tkt digugat cerai..
    Astagfirullah.. buat temen2 non muslim disini, jangan mengejudge hukum2 dunia seperti pernikahan perceraian dll nya begitu saja. Kalian perlu belajar lbh dalam lagi. Kalau hanya menelan mentah2 pahitnya yaa sama aja kayak 'babi' dimana kotorannya sendiripun jg dimakan..
    Saya belajar alkitab sbelum menikah dg mantan saya yg protestan krn nurani saya mendambakan pernikahan yg bahagia dunia dan akhirat. Tp kalau untuk urusan akhirat saja saya gak yakin, akal saya gak bs nerima. Hati saya bertanya2 soal agama kristen.. yah.. memang Allah masih menyelamatkan keimanan saya. Justru semenjak itu saya jd lbh taat beribadahnya.. ternyata mendekatkan diri dengan Tuhan (Allah) tdk cukup hanya dengan ibadah seminggu sekali atau sehari sekali... harus 5x sehari dan hati mjd lbh tenang :')

    BalasHapus
  46. dlm alkitab ada beberapa ayat yang menyatakan bahwa perceraian itu dibolehkan seperti dibawah ini :

    19:8 Kata Yesus kepada mereka: Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.
    19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.

    semoga menjadi tambahan wawasan bagi kita sehingga kita tdk perlu ngotot dengan apa yang kita tidak ketahui, kalo mau membantah bantahlah dengan baik berdasarkan alkitab juga, bukan dengan hawa nafsu dan sumpah serapah...terima kasih

    BalasHapus
  47. dlm alkitab diperbolehkan soal perceraian, berikut ayat yang mengatur soal tersebut :
    19:8 Kata Yesus kepada mereka: Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.
    19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.

    semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi kita sehingga tidak membantah sesuatu hanya dengan hawa nafsu tanpa pengetahuan.

    BalasHapus
  48. Nambahin ya..
    First Yesus itu adalah jalan yg lurus
    Bs dibaca Al Quran nya 75% Al Quran bahas Isa Almasih
    So gua ga akan banyak komentar tentang itu krn blog nya bahas Kristen sm Khatolik ya

    Dimulai dr Khatolik
    Khatolik lahir pd tahun 538 dipimpin oleh Paus yg memiliki kekuasaan atas umat Khatolik di seluruh dunia
    Dia pribadi selain Tuhan yg dianggap mampu mengampuni org berdosa
    Dan mampu mengganti waktu.. mengganti Hukum .. bahkan perkataan Kristus itu sendiri
    dan di masa kegelapan .. semua aspek tunduk pada kekuasaan Khatolik Roma
    Yg bertentangan dengan Paus akan dimusnahkan krn dianggap menentang utusan Tuhan..masa "horor"itu menelan lebih 5jt jiwa tidak berdosa
    dan Paus meminta maaf secara terbuka pd tgl 13 Maret 2000
    tentang kekejaman yg telah berabad abad

    Nah dari Dark Ages itu lahir Kristen Protestan
    Ini sebabnya nama Protestan sendiri muncul
    Karena sebagai bentuk protes karena tdk sepaham dg Khatolik & memisahkan diri
    Berbeda dg Khatolik yg mempercayai org Kudus sebagai perantara seperti Maria,Kristen hanya mempercayai tidak ada perantara selain Yesus itu sendiri Ilah yg hadir ke dunia mengambil bentuk manusia
    karena tentunya Tuhan tidak berwajah ya..Dia adalah sinar dan tak seorangpun melihat Tuhan
    Alkitab dibaca bebas oleh umat Kristen..siapapun boleh menafsirkannya..sedangkan Khatolik hanya pemuka agamanya saja

    Jadi sesungguhnya Kriaten & Katolik sangat bertolak belakang

    1hal yg sama dr Islam , Kristen & Khatolik adalah menantikan Isa Almasih datang yg k 2x
    Umat Islam sholat subuh karena percaya Isa bangkir dr kubur saat subuh..dan akan dtg kembali k dunia pd saat subuh

    Ini saya ambil dari fakta sejarah
    Itu aja tambahan dari saya
    Tanpa memihak 1 agama apapun
    Krn semua mengajarkan baik, bagaimana kita mengamalkannya
    Peace ☺

    BalasHapus
  49. Selalu menjadi perdebatan dan tetap ngejugde agama lain.... Sudahlah guys,... Percaya saja apa yg kalian yakini...

    BalasHapus
  50. AJARAN ‘AGAMA’ SYIAH YA NAMPAKNYA MENGADOPSI ATAU MENYONTEK DARI AJARAN AGAMA ‘KATOLIK’?

    KONDISI DAN KEBERADAAN KAUM MUSLIM TAK JAUH BEDA DENGAN YANG DIALAMI OLEH KAUM AGAMA LAIN?


    MARI KITA BERIKRAR KEMBALI SEBAGAI MUSLIM TIDAK SUNNI DAN TIDAK SYIAH!!!


    Dan berjihadlah kamu (hai umat Muhammad) pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang MUSLIM dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. ﴾SQS. Al Hajj, 22:78﴿


    Kalau ada membaca artikel ini: Apa Perbedaan Utama antara Kristen Katolik Roma dengan Kristen Protestan? dalam web. ***):


    lalu anda kaitkan dengan situasi dan kondisi kaum Muslim kita sendiri, maka dapat disimpulkan sbb.:


    Kalau dikalangan kaum Kristen muncul beberapa aliran seperti tersebut dalam artikelnya, maka dalam kalangan kaum Muslim pun sudah di arahkan menjadi seperti demikian:


    Kristen Katolik Roma = Muslim Syiah
    Vatikan = Qom
    Paus/Pastor = Imam (13 plus Khomeini)/Mullah


    Kristen Protestan = Muslim Sunni
    ------ = -------- (tidak ada pusat pengendalian)
    Pendeta = ulama (tidak punya otoritas mutlak)


    Uraian sedikit sbb.:


    Kaum Protestan menegaskan bahwa Alkitab merupakan satu-satunya sumber wahyu khusus kepada manusia. Kaum Protestan percaya Alkitab saja sudah cukup dan bersifat absolut final sebagai acuan, otoritas dan kompas iman Kristen.


    Bagi Katolik, otoritas tradisi setara dengan Alkitab. Sedangkan bagi Protestan, tradisi berada di bawah otoritas Alkitab. Tradisi bisa diterima asalkan sesuai dan tidak bertentangan dengan ajaran Alkitab. *)


    Banyak orang yang menyangka bahwa perbedaan antara Islam Sunni dengan Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah) hanya sekedar dalam masalah khilafiyah Furu’iyah saja , seperti halnya perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, atau antara Madzhab Syafi’i dengan Madzhab Maliki.


    Rukun Iman Syi’ah berbeda dengan rukun Iman Sunni , rukun Islamnya juga berbeda, begitu pula kitab-kitab hadistnya juga berbeda, bahkan sesuai pengakuan sebagian besar ulama-ulama Syiah, bahwa Al-Qur’an mereka juga berbeda dengan Al-Qur’an yang digunakan Sunni.


    Apabila ada dari ulama mereka yang pura-pura (taqiyah) mengatakan bahwa Al-Qur’annya sama, maka dalam menafsirkan ayat-ayatnya sangat berbeda dan berlainan.


    Ahlussunnah meyakini bahwa para imam tidak termasuk rukun iman. Adapun jumlah imam-imam Ahlussunnah tidak terbatas. Selalu timbul imam-imam, sampai hari kiamat.Karenanya membatasi imam-imam hanya dua belas (12) atau jumlah tertentu, tidak dibenarkan.


    Syiah meyakini ada dua belas imam-imam mereka, dan termasuk rukun iman. Karena itu orang-orang yang tidak beriman kepada dua belas imam-imam mereka (seperti orang-orang Sunni), maka menurut ajaran Syiah orang tersebut kafir dan akan masuk neraka.


    Ahlussunnah berpendapat khalifah (imam) adalah manusia biasa, yang tidak mempunyai sifat Ma’shum. Mereka dapat saja berbuat salah, dosa dan lupa, karena sifat ma’shum, hanya dimiliki oleh para Nabi. Sedangkan kalangan syiah meyakini bahwa 12 imam mereka mempunyai sifat maksum dan bebas dari dosa. **)


    http://membaca-alkitab-kristen-katolik.blogspot.co.id/2014/12/perbedaan-agama-katolik-protestan.html

    http://www.fadhilza.com/2015/07/islam/perbedaan-mendasar-antara-islam-sunni-dan-syiah.html#comment-644539


    **) http://www.fadhilza.com/2015/07/islam/perbedaan-mendasar-antara-islam-sunni-dan-syiah.html


    *) http://www.suarakristen.com/blog/2015/02/22/apa-perbedaan-utama-antara-kristen-katolik-roma-dengan-kristen-protestan/

    BalasHapus